GARUDA MERAH

"KAMI BUKAN PRAJURIT YANG HEBAT TETAPI KAMI ADALAH PRAJURIT YANG TERDIDIK DAN TERLATIH"

Jumat, 08 April 2016

UPACARA PEMBUKAAN LOMBA TON TANGKAS YONIF 403/WP SEMESTER I TA. 2016

Sleman (07/04/2016).         Ton Tangkas atau Peleton Tangkas adalah lomba tahunan yang bertujuan meningkatkan kompetensi prajurit TNI. Danyonif 403/WP Letkol Inf Muchlis Gasim, S.H., M.Si., membuka secara resmi lomba Ton Tangkas Satpur/Banpur Tingkat Yonif 403/WP yang dilaksanakan di Seputaran Asrama Yonif 403/WP, Candi Boko Kompleks (Kab. Sleman), Kolam Renang Pluneng (Kab. Klaten), Rahlat Goa Selarong Kompleks (Kab. Bantul). Dalam amanatnya, Danyonif 403/WP Letkol Inf Muchlis Gasim, S.H., M.Si., menyampaikan bahwa lomba Peleton Tangkas ini dimaksudkan memberikan gambaran tentang pencapaian profesionalisme satuan di tingkat peleton sebagai tolok ukur pembinaan yang sudah dilaksanakan selama ini dalam rangka menghadapi Lomba Ton Tangkas TNI – AD Semester I TA. 2016. Sasaran yang akan dicapai dalam pelaksanaan lomba ini selain meningkatkan kemampuan fisik dan profesionalisme prajurit juga meningkatkan jiwa korsa dan sportifitas prajurit serta meningkatkan kemampuan Danton dalam kepemimpinan di lapangan.

“Laksanakan lomba dengan adil dan bersih serta dilandasi dengan semangat ksatria yang pantang menyerah akan menciptakan soliditas satuan yang kuat sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas – tugas pokok kita kedepan dengan lebih baik serta junjung tinggi spotivitas dan nilai – nilai kekeluargaan yang luhur, patuhi peraturan pertandingan yang berlaku sehingga akan tercipta kompetisi yang sehat dan bersih, tegas Danyonif 403/WP Letkol Inf Muchlis Gasim, S.H., M.Si.

8 peleton yang mengikuti lomba Ton Tangkas tingkat Yonif 403/WP diantaranya 3 peleton dari Kompi Senapan – A, 3 Peleton dari Kompi Senapan B, 1 Peleton dari Kompi Senapan C dan 1 Peleton dari Kompi Bantuan serta unsur pelayan/pendukung dari Kompi Markas.

Sedangkan Materi yang dilombakan diantaranya menembak senapan 100 m 3 sikap, menembak pistol 25 m 1 sikap (2 tangan), kesegaran jasmani A, Cross Country/Lintas Medan, renang militer, BDM Yong Moodo (kepemimpinan, rangkaian gerak berpasangan), ilmu medan teori dan praktek, serta HTF dengan materi naik togle, turun hesty, peluncuran, rayapan tali satu, jembatan tali dua, snapling, jaring pendarat dan lempika.

Lomba akan berlangsung mulai tanggal 07 April 2016 s.d. 23 April 2016 ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan mengikuti lomba Ton Tangkas TNI AD Semester I TA. 2016.

Pada hari pertama 07 April 2016 materi lomba ton tangkas yang di pertandingkan adalah menembak senapan jarak 100 m dengan 3 sikap (Tiarap, Duduk dan Berdiri) dan menembak pistol jarak 25 m dengan 2 tangan. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 072/Pamungkas Brigjend TNI Stephanus Tri Mulyono, Kasiopsrem 072/Pmk Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman, Kasipers Korem 072/Pmk Kolonel Inf Dwi Endro Sasongko, Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Hotlan Maratua Gurning dan Kabalak jajaran Korem 072/Pamungkas.

Danrem 072/Pamungkas Brigjend TNI Stephanus Tri Mulyono berharap dalam lomba Ton Tangkas ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan terbaik antara lain melalui kemampuan menembak, oramil, taktik dan teknik militer, karena semuanya merupakan hal yang sangat mendasar dan tuntutan wajib dimiliki setiap prajurit TNI. Para prajurit harus mampu menunjukkan sosok prajurit TNI yang handal dan benar – benar mahir dalam ilmu dan keterampilan militer, apabila ada peleton yang menjadi juara maka mereka berhak untuk mendapatkan reward dari Dansat dan apabila ada prajurit yang tidak memenuhi standar minimum maka mereka akan mendapatkan punishment, tegas Danrem 072/Pmk Brigjend TNI Stephanus Tri Mulyono. (Supri_Ops 403).


Dokumentasi Kegiatan Pembukaan Upacara dan Lomba Hari Pertama.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar